7 Tanda Rayap Menyerang Perabotan Rumah Anda

7 Tanda Rayap Menyerang Perabotan Rumah Anda

Si semut putih atau rayap memang suka merusak perabotan dari bahan kayu di rumah Anda. Jika tidak merawat perabotan kayu dengan baik, maka bersiap menjadi rumah rayap. Sebagai pemilik, Anda harus tahu tanda rayap sudah mulai penyerangan ke furnitur agar tidak rusak parah. Jika perlu, Anda sebaiknya menggunakan jasa anti rayap sebelum furnitur rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Tanda rayap menyerang furnitur kayu

Perhatikan tanda rayap sudah menginvasi perabotan menjadi rumah mereka berikut :

1.     Jenis kayu

Perabotan dari kayu lebih lunak seperti jati Belanda, pinus, mahoni, dan lain-lain lebih mudah  diserang rayap dibandingkan jati tua, kayu ulin atau kayu sengon.

2.     Ada bubuk di sekitar perabotan

Keberadaan rayap bisa terdeteksi dari kemunculan bubuk di sekitar perabotan kayu rumah Anda.

3.     Ketuk bagian kaki perabotan

Coba ketuk bagian kaki meja, bila terasa kosong harus segera Anda waspadai. Kemungkinan rayap sudah membuat koloni di dalam kaki perabotan kesayangan Anda.

4.     Ada sisa sayap

Amati bila ada sisa sayap di sekitar perabotan, maka dipastikan rayap sudah mulai menyerang perabotan rumah Anda. Segera gunakan jasa anti rayap untuk mencegah perabotan rusak parah.

5.     Susah membuka kusen jendela atau pintu

Bisa jadi rayap sudah membentuk penyerapan panas dan kelembaban di sekitar sehingga Anda sulit membuka kayu tersebut.

6.     Muncul terowongan

Karya seni rayap mulai terlihat ada terowongan yang mengakibatkan pori-pori kayu mulai terlihat dengan kaca pembesar.

7.     Terdengar suara koloni rayap

Bisa jadi koloni rayap telah lama bersarang di perabotan atau konstruksi rumah Anda sehingga menimbulkan risiko rumah roboh yang bisa berpotensi memberikan kerugian finansial lebih besar, termasuk risiko jiwa. Tentu sarang rayap pada perabotan akan membuat biaya pengeluaran membeli perabotan baru semakin besar.

Yuk, segera usir koloni rayap dari rumah Anda menggunakan cara alami atau obat-obatan tertentu! Bila Anda ingin hasil yang lebih maksimal dan bergaransi, sebaiknya gunakan jasa anti rayap yang profesional. Dijamin perabotan dan konstruksi rumah Anda bebas dari serangan rayap dan awet dalam beberapa tahun mendatang, lho!

 

Sumber

https://www.catkayu.com/furniture-dimakan-rayap-gunakan-cat-kayu-anti-rayap-ini-4595.html

Previous PostNextNext Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *