9 Strategi Ampuh Melawan Rasa Ngantuk Saat Puasa

9 Strategi Ampuh Melawan Rasa Ngantuk Saat Puasa

Selain ada pengubahan skema makan, puasa Ramadhan mengakibatkan pengubahan jadwal tidur. Khususnya karena orang yang berpuasa harus bangun untuk makan sahur. Keadaan ini membuat beberapa orang berasa gampang ngantuk saat berpuasa, yang selanjutnya mengusik keproduktifan saat melakukan aktivitas. Merilis bermacam sumber, berikut panduan puasa mengenai langkah menangani ngantuk saat berpuasa yang bisa kita kerjakan:

1. Tidur berkualitas pada malam hari

Sama seperti yang diutarakan awalnya, sahur membuat jadwal tidur banyak orang yang berpuasa berbeda. Untuk menahan mengantuk pada siang hari karena kekurangan tidur, yakinkan kita mempunyai tidur berkualitas dan cukup pada malam hari. Bila tidak ada kepentingan menekan, jauhi bergadang dan tidurlah lebih cepat dibanding umumnya. Pastikan tidur berkualitas dapat membuat kita berasa fresh saat bangun pada pagi hari.

2. Lakukan power nap

Menyempatkan sedikit waktu untuk lakukan power nap atau tidur siang singkat bisa juga jadi langkah untuk menangani ngantuk saat berpuasa. Saat jalani beribadah puasa, kita tidak lakukan makan siang. Gunakan waktu itu untuk lakukan power nap. Sedapat mungkin setting alarm 5-20 menit supaya tidur tidak kelewatan. Karena, tidur siang kelamaan justru dapat membuat badan kita cepat capek. Dengan lakukan power nap, kita akan terjaga lebih fresh dan siap melakukan aktivitas.

3. Usahakan Selalu Berada di Area Sejuk

Dehidrasi dapat memunculkan rasa mengantuk dan kecapekan. Karena itu, yakinkan kita masih ada di lokasi yang sejuk sepanjang berpuasa. Pakai kipas angin atau pendingin ruangan bila memang tinggal pada tempat dengan cuaca panas attau di atas 38,8 derajat Celcius.

4. Beraktivitas enteng

Badan kita terus-terusan beradaptasi dengan gaya hidup saat berpuasa Ramadhan. Tidaklah aneh bila kita alami pengurangan tingkat energi. Untuk menanganinya, yakinkan kita masih beraktivitas enteng saat berpuasa.  salah satunya seperti lakukan peregangan sepanjang beberapa waktu, jalan rileks, sampai latihan bernapas. Itu semua bisa menolong menyeegarkan kembali kita. Membuat kita kembali siap melakukan aktivitas.

5. Bergaul

Saat sedang ngantuk atau berasa kurang energi, coba bergaul. Bila hanya bekerja di dalam rumah sepanjang wabah, kita dapat terlibat perbincangan dengan bagian keluarga sesaat atau bila tinggal sendiri kita dapat jalan rileks keliling rumah dan menegur beberapa orang yang berepapasan sama kita. Bergaul bisa kurangi dampak capek pada pemikiran kita yang bisa mengakibatkan depresi psikis dan fisik. Disamping itu, bergaul bisa juga digunakan sebagai peristiwa untuk gerakkan badan hingga depresi kita menyusut, kemampuan otak bertambah, dan hilangkan rasa capek. Tetapi, yakinkan kita bergaul dengan beberapa orang yang positif, ya.

6. Makan sahur Padat Gizi

Ngantuk bisa juga disebabkan karena makanan sahur yang kurang imbang hingga badan tidak memperoleh energi yang cukup. Untuk menyiapkan badan sepanjang hari berpuasa, yakinkan kita konsumsi kombinasi karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, dan buah-buahan dan sayur. Jauhi makanan tinggi garam atau dimasak. Lebih bagus kita konsumsi makanan padat gizi, seperti roti gandum, nasi merah, telur, alpukat, keju, sampai pisang. Disamping itu, yakinkan juga kita cukup minum air putih saat sahur untuk jaga badan dari dehidrasi.

7. Bermain Game

Bermain games dapat kurangi depresi dan memberi suntikan energi saat kita sedang mengantuk. Saat bermain games, otak kita masih aktif dan tidak istirahat tapi ada pada keadaan yang tidak memunculkan depresi. Hasilnya, otak tetap terstimulasi tanpa terbeban demikian besar. Melihat video atau tv dan dengarkan musik bisa juga memberi dampak sama. Supaya lebih efektif, mengatur waktunya cuman seputar 10 menit tiap sesion atau membatasnya berdasar ronde permainan.

8. Mencari panorama baru

Banyak karyawan yang habiskan waktunya beberapa jam di ruang yang serupa saat bekerja. Skema kerja ini dapat membuat mata cepat capek dan selanjutnya membuat badan mudah lemas. Untuk menanganinya, coba mengubah mata ke panorama lain. Lakukan kebiasan ini secara periodik. Misalkan, kita dapat berpindah ke luar ruang dan jalan kaki sesaat untuk menyaksikan panorama taman atau jalanan. Ini dapat membuat mata lebih santai.

9. Bersihkan muka

Saat betul-betul berasa ngantuk, kita dapat ke kamar mandi dan membersihkan muka sama air dingin. Sistem ini bisa dibuktikan bisa menolong kurangi rasa mengantuk saat bekerja. Air dingin bisa juga menolong kita agar semakin santai dan fresh hingga dapat semakin gampang kembali fokus untuk bekerja.

 

Previous PostNextNext Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *