Brown sugar, Gula Aren, Gula Jawa, Apa Bedanya?

Brown sugar, Gula Aren, Gula Jawa, Apa Bedanya?

Saat ini kata brown sugar sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat kita. Namun masyarakat belum benar-benar faham dengan apa arti dari brown sugar itu sendiri. Banyak yang menganggap kalau brown sugar itu adalah gula aren dan ada pula yang beranggapan gula jawa. Ketiga jenis gula tersebut sebenarnya berbeda-beda atau bukanlah gula yang sama. Nah untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan di bawah ini.

Perbedaan Brown Sugar, Gula Aren dan Gula Jawa

Brown sugar, gula jawa dan gula aren memiliki warna yang sama yaitu warna gelap kecoklatan. Namun walaupun memiliki warna yang sama, mereka memiliki cita rasa yang berbeda, karena terbuat dari bahan yang berbeda pula.

  • Brown Sugar

Brown sugar dibuat dari gula pasir yang berasal dari tebu (Saccarum Officinarum) yang diproses dengan campuran molase. Molase adalah sisa pengolahan gula dari tebu yang tidak dapat dikristalkan lagi. Brown sugar yang dihasilkan memiliki dua jenis warna yaitu dark dan light. Warna yang dihasilkan tergantung pada intensitas volume, kepekatan warna molase serta kandungan gulanya. Brown sugar berbentuk bubuk seperti gula pasir.

  • Gula Aren

Gula aren terbuat dari nira pohon aren atau enau (Arenga Pinnata). Nira adalah cairan yang didapatkan dengan cara menyadap batang pohon palem-paleman, yang termasuk diantaranya pohon aren. Nira dipanen kemudian dimasak hingga berjam-jam kemudian dicetak hingga mengeras. Cetakan yang biasa digunakan adalah batok kelapa dan bambu. Gula aren sangat melekat di masyarakat dan masakan Indonesia, seperti pada klepon, es cendol, lupis dan lain-lain.

  • Gula Jawa

Pengertian gula jawa lebih luas karena memiliki banyak jenis, bahkan gula aren pun bisa kita sebut bagian dari dula jawa. Jika gula aren terbuat dari pohon aren ada pula gula jawa yang terbuat dari pohon kelapa (Cocos nucifera). Banyak masyarakat yang menyebut gula kelapa dengan nama gula jawa kelapa.

Namun pada prinsipnya pengolahan gula kelapa sama seperti gula aren, hanya saja berbeda dari sumbernya, yaitu nira disadap dari pohon kelapa.

 

Previous PostNextNext Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *