Cara Nelayan Menentukan Arah Mata Angin Saat Sedang Melaut

Cara Nelayan Menentukan Arah Mata Angin Saat Sedang Melaut

Banyaknya startup bidang perikanan di Indonesia turut membantu memajukan kehidupan nelayan di wilayah pesisir. Aruna adalah salah satunya, yang membantu mensejahterakan kehidupan nelayan.

Untuk menjadi seorang nelayan yang sejahtera, tentu melaut secara rutin bisa menjadi salah satu cara agar mendapat hasil tangkapan yang maksimal. Melaut pun memiliki tantangannya sendiri, seperti tidak mengetahui arah saat berada di tengah laut. Namun, seorang nelayan selalu punya caranya untuk bisa menentukan arah mata angin.

Cara Nelayan Menentukan Arah di Laut

Berbeda dengan berada di daratan, saat berada di laut seorang nelayan memiliki cara untuk sendiri untuk bisa menentukan arah. Lihat beberapa caranya di bawah ini:

1. Menentukan Arah Dengan Rasi Bintang

Cara pertama ini adalah cara yang digunakan sejak zaman nenek moyang. Caranya dengan membaca rasi bintang saat sedang melaut.

Rasi bintang dapat menjadi petunjuk arah mata angin karena rasi bintang bergerak dengan teratur atau stabil. Selain itu, rasi bintang di langit juga dapat untuk diprediksi. Sehingga, nelayan menggunakan rasi bintang untuk menentukan arah.

Rasi bintang di langit membentuk beberapa pola tertentu yang dapat dibaca oleh nelayan. Beberapa contoh pola rasi bintang untuk menentukan arah adalah berikut:

  • Ursa Mayor atau Biduk = arah utara
  • Kalajengking = arah timur atau arah tenggara
  • Crux, Layang-Layang, atau Pari = arah selatan
  • Orion atau Pemburu = arah barat

Rasi bintang tersebut membantu nelayan untuk bisa menentukan arah mata angin saat di malam hari.

2. Melihat Gumpalan Awan

Cara kedua untuk menentukan arah mata angin saat sedang melaut adalah dengan melihat gumpalan awan. Cara ini digunakan nelayan pada saat melaut di pagi hingga sore hari.

Salah satu contohnya adalah saat gumpalan awan di langit memerah di ufuk barat. Saat tersebut menandakan arah mata angin barat dan merupakan saat yang tepat untuk melaut karena merupakan pertanda jika ikan-ikan di laut sedang melimpah.

3. Menentukan Arah Dengan Kondisi Musim

Nelayan juga memiliki pengetahuan peredaran kondisi musim sebagai bekal saat di laut. Musim tersebut adalah musim barat dan musim timur. Musim timur menunjukkan kondisi saat laut tenang, gelombang stabil, dan tidak ada badai sehingga waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk melaut. Sedangkan musim barat merupakan sebaliknya.

Cara Nelayan Menentukan Arah Dengan Mudah

Nelayan menentukan arah dengan beberapa cara. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan membaca rasi bintang. Hal ini karena rasi bintang selalu bergerak teratur dan bisa untuk dibaca. Selain itu, nelayan juga bisa melihat gumpalan awan dan membaca kondisi musim.

 

Previous PostNextNext Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *