Kisah Inspiratif 2 Wanita Dirikan Kegiatan Sedekah Rutin Jumat, Ini Cerita Dibaliknya

Kisah Inspiratif 2 Wanita Dirikan Kegiatan Sedekah Rutin Jumat, Ini Cerita Dibaliknya

Beredar beberapa video di media sosial yang menunjukkan aksi sang pengunggah yang telah melakukan kegiatan sosial. Video itu diunggah oleh akun Instagram dan Tiktok @sedekahrutinjumat. Adalah Yunia Hidayati Saputri dan Olivia Ridheta Wijaya, merupakan dua perempuan pendiri kegiatan @sedekahrutinjumat ini.

Yunia mengatakan, dirinya bersama Olivia telah membuat kegiatan sosial ini sejak Juni 2020. Rupanya kegiatan ini bermula dari aksi yang dilakukan oleh Olivia yang sering berkunjung ke sebuah panti asuhan. Diketahui Olivia merupakan salah satu YouTuber yang tinggal di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang sering membuka donasi melalui video blog (vlog) dan blog yang ia punya.

Hingga Yunia tertarik untuk membantu kegiatan Olivia pada panti tersebut. Berawal dari kegiatan tersebut, tercetus olehnya dan Olivia untuk memberikan bantuan kepada masyarakat luas. Perempuan berusia 25 tahun ini menuturkan, ide mereka untuk mengadakan kegiatan sosial tersebut terinspirasi mendengar ceramah dari para ustaz mengenai keutamaan hari Jumat.

Oleh sebab itu, maka ia dan Olivia melakukan kegiatan sosial tersebut khusus pada hari Jumat. Atas hal tersebut maka mereka menamai kegiatan sosial itu dengan Sedekah Rutin Jumat. "Karena waktu itu hari Jumat, jadi kami terinspirasi dari semua ceramah ustadz bahwa hari jumat itu hari yg penuh barokah."

"Dan dari hati yg tulus kami berdua konsisten menjalankan kegiatan sosial tiap jumat, dan belum tercetus namanya. Akhirnya muncul nama @sedekahrutinjumat ini," jelas Yunia. Berbagai program donasi telah mereka buat. Seperti: 1. Dana pendidikan dan sembako untuk panti asuhan dan panti jompo

2. Sembako Kaget 3. Makanan penuh berkah. 4. Sendal Surga.

5. Kain Mutiara (hijab atau pakaian layak pakai). Selain berbagai program donasi diatas, ia dan Yunia juga menginsiasi ide bersedekah mulai Rp 25.000 pada setiap hari Jumat. "Disini kami membuka peluang untuk kalian yang ingin bersedekah mulai dari Rp 25.000 setiap Jumat."

"Walaupun tidak banyak namun bermakna karena konsisten bersedekah pada setiap hari Jumat," sambung Yunia. "Kami masih menggunakan rekening pribadi. Insyallah nanti kami akan membuat sendiri a.n sedekahrutinjumat," imbuhnya. Yunia dan Olivia sering kali bergabung dengan para komunitas atau instansi.

Pasalnya, ia mengungkapkan banyak warga yang bingung menyalurkan sedekah yang ingin mereka bagikan kepada orang lain. "Banyak mereka yang ingin bersedekah tapi gatau dimana dan harus dibagikan kemana. Selain itu bingung nggak punya waktu luang yang banyak," ungkapnya. Maka mereka memberikan wadah bagi masyrakat yang ingin bersedekah melalui program yang dibuat oleh @sedekahrutinjumat.

Mengetahui hal tersebut, kedua keluarga mereka pun memberikan dukungan penuh. "Kedua keluarga kami berdua sangat respon dan support banget mengetahui kita menghabiskan waktu buat amal jahiriyah ini," ungkapnya. Untuk memberikan bukti berbagai kegiatan yang telah mereka lakukan kepada para donatur maka dirinya bersama Olivia membagikan berbagai kegiatan tersebut di media sosial.

Selain itu, ia dan Olivia juga ingin memberikan inspirasi kepada masyarakat. "Buat @sedekahrutinjumat ini karena makin banyak yang berdonasi, sebagai salah satu bukti dokumentasi buat mereka yang berdonasi." "Juga untuk memotivasi teman teman agar tetap bersyukur," tandas Yunia.

Previous PostNextNext Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *