Mengenal Logam Mulia Ubs dan Antam

Mengenal Logam Mulia Ubs dan Antam

Di tengah pandemi, investasi emas menjadi salah satu pilihan yang paling aman dan mendatangkan untung.
Di Indonesia sendiri, ada 2 merek emas terbesar yang digandrungi.

Keduanya adalah logam mulia Antam dan logam mulia ubs.

Mengenal logam mulia ubs

Dibandingkan emas Antam, nama emas UBS mungkin tidak terlalu populer baik di kalangan kolektor logam mulia hingga dunia investasi. Emas batangan UBS cukup berkualitas. Sekadar informasi, emas batangan UBS ini diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera (PT UBS), perusahaan swasta yang sudah berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya. PT UBS sendiri dikenal sebagai salah satu produsen logam mulia terbesar di Indonesia.

Sebelum memutuskan membeli emas batangan, alangkah baiknya jika mengenali dulu perbedaan kedua jenis emas tersebut. Berikut merupakan perbedaan emas Antam dan UBS:

1. Produsen

Logam Mulia Antam dikeluarkan resmi oleh perusahaan negara yang bernama PT Aneka Tambang, tbk atau yang biasa disingkat menjadi ANTAM. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1968. Sementara untuk UBS dikeluarkan oleh PT Untung Bersama Sejarah (swasta) yang berdiri sejak tahun 1981.

 

2. Ukuran dan Karat Emas Antam dan UBS

Baik emas Antam dan UBS sama-sama memiliki karatase sebesar 24 karat, 99,9%. Jadi berapa gram pun emas yang kalian beli, emas batangan Antam dan UBS sama-sama memiliki karatase sebesar 24 karat.

Untuk ukuran emasnya pun baik emas Antam maupun UBS memiliki berat mulai dari 0,5 gram sampai 1 kilogram. Silakan dipilih deh mau beli yang berapa gram

 

3. Variasi Produk

Produk emas batangan Antam terdiri dari 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, dan 1000 gram. Selain produk emas batangan, Antam juga mengeluarkan seri Emas Batik, Emas Bezel, Emas Imlek Ox dan Emas Seri Gift Card.

Sedangkan produk emas batangan UBS terdiri dari 0.5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Selain memproduksi emas batangan, UBS banyak mengeluarkan seri gift card juga seri perhiasan mulai dari cincin, gelang, anting, dan kalung.

 

4. Sertifikat

Emas Antam memiliki sertifikat yang diakui setingkat internasional, meliputi CertiCard, yaitu sertifikasi yang bisa menguji keaslian emas lewat barcode Certieye, LBMA (London Bullion Market Association) untuk menjamin kualitas dan kemurnian produk, dan KAN (Komite Akreditasi Nasional).

Sementara emas UBS sendiri memiliki sertifikat di lingkup nasional yang dikeluarkan oleh PT UBS sendiri.

 

6. Harga dan Likuiditas

Harga jual atau beli antam terdapat selisih harga antara emas produksi tahun lama dengan yang baru. Sementara untuk UBS tidak ada perbedaan harga, karena tidak dicantumkan tahun pembuatan. Namun, keduanya sama-sama memiliki likuiditas yang tinggi. Artinya, sangat mudah untuk dijual lagi.

 

Di Mana Membeli Emas Antam dan UBS

Emas Antam bisa dibeli di seluruh Indonesia melalui rekanan, toko emas, atau institusi BUMN lain yang bekerjasama. Jika ingin berkunjung langsung ke daerah Pulogadung, Jakarta Utara, kamu juga bisa membeli emas Antam di unit bisnisnya langsung.

Sementara emas UBS selain bisa dibeli melalui website resminya, juga bisa dibeli di toko emas/perhiasan, , maupun marketplace.

Nah gimana, sudah nggak bingung lagi kan mau beli emas Antam atau UBS? Kalau sudah mengambil keputusan, kuy langsung beli emas sesuai kebutuhan untuk investasi jangka panjangmu! Emas tergolong mudah untuk dicari. Bisa di toko emas atau marketplace seperti blibli.com

Previous PostNextNext Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *