Staf Pelatih Timnas U-19 Indonesia Bocorkan Lawan Uji Coba di Kroasia

Staf Pelatih Timnas U-19 Indonesia Bocorkan Lawan Uji Coba di Kroasia

Timnas U 19 Indonesia sudah berpindah lokasi tempat pelaksanaan pemusatan latihan atau training camp (TC) di Kroasia. Sebelumnya, tim yang dinahkodai langsung oleh Shin Tae yong itu banyak melangsungkan agenda TC di Kota Svati Martin na Muri dan Zagreb. Terbaru, para pemain Timnas U 19 Indonesia harus berpindah lokasi tempat TC ke Kota Split.

Pemindahan tempat TC dilakukan untuk menambah pengalaman dan suasana baru bagi pasukan skuat Garuda Muda. Para pemain Timnan U 19 Indonesia sudah berpindah ke tempat TC baru di Kroasia pada Jumat (2/10/2020) lalu. David Maulana dan kawan kawan harus menempuh perjalanan selama enam jam dengan menggunakan bus.

Sehari berselang, setelah menempuh perjalanan panjang, para pemain Timnas U 19 Indonesia diberikan waktu libur latihan selama satu hari. Pada hari Minggu (4/10/2020), para pemain Timnas U 19 Indonesia akan kembali melangsungkan agenda latihan secara langsung di Kroasia. Asisten pelatih Timnas U 19 Indonesia, Nova Arianto, menerangkan tim pelatih sengaja memberikan waktu libur latihan agar pemain bisa beristirahat dan memulih kondisi fisiknya.

Pertimambangam tersebut diambil setelah para pemain menempuh perjalanan panjang berpindah tempat pelaksanaan TC. "Kami baru akan memulai latihan kembali pada hari Minggu, kami memberikan istirahat terlebih dahulu kepada pemain karena kami pindah kota," kata Nova Arianto saat dikonfirmasi awak media. Mantan pelatih Lampung Sakti itu memastikan selama menjalani TC di Kota Split akan tetap melangsungkan pertandingan uji coba.

Tim pelatih Timnas U 19 Indonesia dan PSSI sudah menetapkan enam tim yang akan menjadi lawan tanding selama menjalani TC di Kroasia. Nova belum mau membocorkan enam tim yang akan menjadi lawan tanding timnya selama berada di Kota Split. Dalam waktu dekat, PSSI akan segera menginformasikan secara detail terkait lawan dan waktu pelaksanaan uji coba tersebut.

"Rencananya di sini kami akan melakukan uji coba kembali sebanyak enam kali. Untuk lawan nanti akan diberitahukan lagi oleh PSSI, ditunggu saja," tutup mantan pemain Persib Bandung tersebut. Sebelumnya, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menginformasikan alasan utama Timnas U 19 batal memindahkan lokasi TC ke Turki karena terkendala lawan uji coba. Yunus menuturkan, pemindahan lokasi TC dilakukan PSSI agar para pemain Timnas U 19 mendapatkan suasana baru dan mencari lapangan latihan yang memiliki kualitas bagus.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk mendukung segala program latihan Shin Tae yong agar bisa berjalan dengan baik. "Untuk TC di Kroasia memang masih lanjut Timnas U 19. Tapi pindah daerah saja, kita cari lapangan yang lebih bagus," kata dia. Pria yang juga menjabat anggota Exco PSSI itu memastikan saat ini masih dalam penjajakan dengan beberapa negara untuk menjadi lawan uji tanding Timnas U 19 Indonesia.

PSSI sebagai induk sepak bola Indonesia, sedang melakukan penjakakan dengan beberapa federasi dari negara lain untuk diajak beruji coba. "Kita masih dalam proses komunikasi dengan federasi lain untuk bisa laga uji coba dengan Timnas U 19 Indonesia," tutupnya. Selama satu bulan terakhir, tim yang dinahkodai langsung oleh Shin Tae yong itu memang berada di Kroasia untuk menjalani agenda TC dan pertandingan uji coba.

Dari tujuh pertandingan yang sudah dimainkan, tercatat Timnas U 19 Indonesia meraih dua kali kemenangan, dua kali hasil imbang, dan menelan tiga kali kekalahan. Tujuh lawan yang dihadapi skuat Garuda Muda adalah Bulgaria (0 3), Kroasia (1 7), Arab Saudi (3 3), dua kali melawan Qatar (2 1 dan 1 1), Bosnia Herzegovina (0 1), dan Dinamo Zagreb (1 0). Setelah menjalani TC di Kroasia, para pemain Timnas U 19 akan langsung melanjutkan latihan dan uji tanding ke Turki.

PSSI telah meminta sejumlah negara Asia dan Afrika untuk menjadi lawan latih tanding Garuda Muda. Beberapa negara menjadi calon lawan yakni Uni Emirat Arab (UEA), Iran, dan Mesir.

Previous PostNextNext Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *